GUE ANAK KURIKULUM 2013, TJUY!


Malam semuanya!

Well, sesuai judulnya, gue mau cerita dari sudut pandang gue manis-pahit-nya kurikulum yang hey angkatan gue adalah angkatan yang PERTAMA kali merasakannya😛

1. [UN] LJK jadi satu dengan soal
Sewaktu gue UN SMP, entah emang karena kurikulum baru atau apa tapi ini serius lucu banget, soal jadi satu sama LJK. Sssso funny ryt? Yang misahin si pengawas. LJK sama soal gak boleh beda pasangan. Kalo beda, ya beda juga kunci jawabannya. Oiya, paket soal kita ada 20 paket bungg. Asik kan? Ah, kalo udah belajar insyaAllah bisa kok.. Tapi kertasnya jelek banget serius. Macam kertas burem. Taktiknya keren nih ya biar gak ada yang ngapus banyak-banyak..

2. Tes psikotes di awal masuk SMA
Ini kalo gak salah beberapa hari setelah pendaftaran ditutup, kita tes psikotes. Tes psikotes apa? Ya browsing sendiri lah wkwk tes pelajarannya juga. Pokoknya ini yang menentukan lo masuk kelas IPA atau IPS. Eiyaa gak ada lagi tuh istilah IPA IPS lagi di kurikulum ini. Adanya MIA (Matematika Ilmu Alam) untuk IPA dan IIS (Ilmu Ilmu Sosial) untuk IPS. Coba tebak gue dapet kelas apa? hehe

3. Siswa aktif
Aktif gak harus aktif nguatin sinyal ke doi kan? Ngg.. Aktif di sini kita harus haus informasi dan terus penasaran akan pelajaran.

4. Presentasi
Nah, di sini nih yang keliatan banget bedanya. Di kurikulum ini, siswa dituntut aktif. Gak ada lagi yang namanya guru ngomong panjang lebar di depan kelas. Sekarang, siswa yang menjelaskan materi pelajaran. Biasanya pelajaran yang PASTI presentasi itu Biologi, Wirausaha, Sejarah Indonesia.
Serunya bikin presentasi kita bisa atur sendiri penampilannya. Gue selalu kebagian bikin presentasi..tapi gue seneng wkwk di kelas, bisa dibilang gue terkenal kalo bikin presentasi bagus. Abis gimana ya, kalo lihat presentasi polos, banyak tulisan, gak menarik, bikin ngantuk, itu gue kasian😦 Sedih banget serius. Background powerpoint? Dulu gue random nyarinya, sekarang sering cari di pinterest sama simple desktops. Kalo bikin presentasi kita sekalian belajar..jadi enak haha. Tapi gak enaknya bikin presentasi itu kalo materinya banyak terus tugas-tugas lain udah numpuk minta diselesain juga. Lelah😦

5. Praktik
Biasanya pelajaran yang praktik tuh Biologi, Kimia, Fisika, Wirausaha, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya. Di antara semuanya gue paling seneng praktek wirausaha. Pasti kita disuruh presentasi materi dan proposal usaha yang kita buat. Praktek jualannya cuyy seru banget. Di saat lo bosen makan minum di kantin, teman-teman seangkatan lo telah siap dengan makanan dan minuman yang mereka jual. Terus di semester 2, kita disuruh bikin kemasan dari produk usaha kita dengan nuansa batik. ARKKH SENENG BGT SERIUS.

6. Tugas-tu-gas-tug-as
Tugas a.k.a PR a.k.a pekerjaan rumah. Ini nih yang kalo dateng di saat yang tepat jadi teman di saat nganggur. Tapi kalo di saat yang gak pas arkhh such a pho/? Tugas banyak numpuk tjuy:( Kelompok lah individu lah. SMA kan rumah udah pada jauh-jauh ya. Sekolah gue pulang sore cuy udah gitu baru bisa nyatu sama keadaan rumah a.k.a pewe a.k.a nyaman baru jam 6an. Lelah:—( Belom lagi belajar. Gak keburuuu.

7. once-a-week
Damn! I love it! Semua pelajaran ketemu sekali seminggu doang!! Tapi… sekalinya pelajaran itu ada, bisa ngabisin 4 jam pelajaran. Sehari aja gue cuma 3-4 pelajaran. Misalnya nih ya ambil contoh hari Kamis. Jam 7.00 – 10.00 pelajaran fisika. Break 15 menit. Dilanjut seni budaya sampai jam 11.45. Break 1 jam. Jam 12.45 pelajaran matematika wajib sampai jam 15.45. KENYANG.__. Tapi lebih enak kayak gini deh serius. Lebih masuk pelajarannya. Oh iya, ada nih ya Matematika Wajib sama Matematika Minat. Menurut gue sih, ini cuma taktik aja biar pelajaran masuk di kelas 10. Kalo wajib mah, ayodah gue pelajarin. Kalo minat, ya namanya minat kan relatif ya, masa iya gue pelajarin juga kalo gak minat? :((

8. ABCDE
Raport semesteran gue sekarang ABCDE upss pake alfabet hehe A itu BAGUS banget. Nah B- itu pas KKM semacam 75 lah. Ada rentangnya dah pokoknya.

WAH BANYAK YAK WKWK

Cukup lah segini aja. Lain kali dilanjut kkk. Bye xoxo

One thought on “GUE ANAK KURIKULUM 2013, TJUY!

  1. Eh ternyata temen SD gw sesama blogger juga..
    Gw mau ngasih opini aja, di kurikulum 13 memperlihatkan bahwa pemerintah lebih memfokuskan pelajar Indonesia di bidang Akademik, sementara secara luar, speri estetika dan moral masih minim dan belum mendapat perhatian khusus. seharusnya itu dulu yang diperbaiki..

    Artikel yang bagus btw! blognya juga simple, manis dan enak dibaca..
    Thumbs up for you!

    Salam : temen SD / temen Blogger / Nak kurkum 13 juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s